Minggu, 02 November 2014

TUGAS : Penjualan secara langsung dan tidak langsung


1.       Buatlah langkah-langkah menjual secara langsung, maupun secara tidak langsung dan perlihatkan perbedaan antara kedua teknik tersebut
2.       Uraikan alat-alat maupun media yang dipergunakan untuk melakukan penjualan secara langsung dan tidak langsung serta tunjukkan masing masing penggunaannya
3.       Tentukan perangkat perangkat atau alat maupun fasilitas yang saudara pergunakan apabila terjadi  pre-bid facility visit” di suatu convention center

Jawab

Penjualan langsung
Penjualan langsung adalah sebuah strategi dalam melakukan kegiatan penjualan produk atau kegiatan promosi jasa yang dilakukan secara langsung dengan konsumen supaya konsumen dapat tertarik dengan promosi jasa atau produk yang di tawarkan. Penjualan secara langsung menggunakan pendekatan dengan cara menemui secara langsung dan langsung mempromosikan daftar-daftar produk atau jasa yang di miliki oleh seller kepada buyer. Dengan bertemunya seller dan buyer secara langsung relatif harga yang tawarkan dapat di nego oleh buyer.

Penjualan Tidak Langsung
Penjualan tidak langsung ialah teknik atau strategi yang digunakan seller dalam menyampaikan produk secara tidak langsung melalui perantara sosial media, iklan, selembaran kertas berisi gambar dan lain-lain dengan tujuan menarik minat para buyer akan barang produk atau jasa yang di tawarkan. Penjualan tidak langsung ini tidak menggunakan pendekatan, tetapi melalui perantara media- media dalam melakukan promosi barang atau jasa. Penjualan tidak langsung tidak memberikan harga yang dapat di nego atau di tawar, harga yang sudah di pampang pada gambar adalah harga mati.

Alat-alat atau media yang dipergunakan untuk melakukan penjualan secara langsung dan tidak langsung :
Penjualan Langsung :
1.       Produk
Seller bertemu langsung atau menemui buyer di tempat dan menawarkan produk yang seller miliki. Di mana seller menunjukkan secara langsung produk yang di bawa supaya buyer dapat melihat dan mengetahui secara langsung akan produk yang di tawarkan.

2.       Penjualan Langsung
Sistem loop tertutup, ineraktif dan pengiriman pesan yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku konsumen. Sistem penjualan langsung tersebut digunakan untuk menciptakan respon konsumen secara langsung.

3.       Penjualan Pribadi
Bentuk penjualan yang dilakukan dengan cara tatap muka. Seorang pemasar akan menawarkan produknya sebagai solusi atas permasalahan yang sering dialami konsumen. Didalam penjualan pribadi, terdapat jalinan komunikasi (dua arah) antara pembeli dan penjual.

Penjualan secara tidak langsung :
1.       Iklan Media Massa
Komunikasi yang tidak personal, searah, dan pesan yang direncankan dengan dukungan dari pesan sponsor. Hal ini didesian untuk memperluas dukungan khalayak dengan mempengaruhi sikap dan tingkah lakunya.

2.       Humas Pemasaran
Salah satu fungsi dari humas yang menggunakan media tidak berbayar untuk mengirimkan pesan positif atas suatu merek dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen dan meningkatkan omset penjualan

3.       Pemasaran Interaktif
Penggunaan medua internet atau teknologi digital yang lain untuk mencapai tujuan marketing dan mendukung konsep pemasaran baru atau modern. Pemasaran jenis ini menggunakan media digital yang lain, termasuk kabel dan satelit bersama dengan perangkat lunak atau perangkat keras yang dioperasikan. Terdapat tiga dimensi utama dari pemasaran interaktif yakni pemberian nilai transaksi, informasi dan interaksi.

Fasilitas yang dipergunakan :
1.       Laptop + LCD
Untuk menampilkan gambar atau tayangan slide tentang produk dan jasa yang dipromosikan, supaya konsumen dapat mengetahui secara langsung dan jelas.
2.       Lembaran Brosur
Berperan dalam memperkenalkan produk dan harga akan barang yang dipasarkan melalui selembaran kertas. Jadi konsumen bila ingin bertemu dengan seller untuk memesan barang dapat melihat brosur dan mengunjungi alamat yang tertera pada brosur tersebut.
3.       Banner
Supaya konsumen dapat melihat produk apa saja yang terdapat pada stad tersebut

1 komentar: