1. Buatlah
langkah-langkah menjual secara langsung, maupun secara tidak langsung dan
perlihatkan perbedaan antara kedua teknik tersebut
2. Uraikan
alat-alat maupun media yang dipergunakan untuk melakukan penjualan secara
langsung dan tidak langsung serta tunjukkan masing masing penggunaannya
3. Tentukan
perangkat perangkat atau alat maupun fasilitas yang saudara pergunakan apabila
terjadi “pre-bid facility visit” di suatu convention center
Jawab
Penjualan langsung
Penjualan langsung adalah sebuah
strategi dalam melakukan kegiatan penjualan produk atau kegiatan promosi jasa
yang dilakukan secara langsung dengan konsumen supaya konsumen dapat tertarik
dengan promosi jasa atau produk yang di tawarkan. Penjualan secara langsung
menggunakan pendekatan dengan cara menemui secara langsung dan langsung
mempromosikan daftar-daftar produk atau jasa yang di miliki oleh seller kepada
buyer. Dengan bertemunya seller dan buyer secara langsung relatif harga yang
tawarkan dapat di nego oleh buyer.
Penjualan Tidak Langsung
Penjualan tidak langsung ialah
teknik atau strategi yang digunakan seller dalam menyampaikan produk secara tidak
langsung melalui perantara sosial media, iklan, selembaran kertas berisi gambar
dan lain-lain dengan tujuan menarik minat para buyer akan barang produk atau
jasa yang di tawarkan. Penjualan tidak langsung ini tidak menggunakan
pendekatan, tetapi melalui perantara media- media dalam melakukan promosi
barang atau jasa. Penjualan tidak langsung tidak memberikan harga yang dapat di
nego atau di tawar, harga yang sudah di pampang pada gambar adalah harga mati.
Alat-alat atau media yang
dipergunakan untuk melakukan penjualan secara langsung dan tidak langsung :
Penjualan Langsung :
1. Produk
Seller bertemu
langsung atau menemui buyer di tempat dan menawarkan produk yang seller miliki.
Di mana seller menunjukkan secara langsung produk yang di bawa supaya buyer
dapat melihat dan mengetahui secara langsung akan produk yang di tawarkan.
2. Penjualan
Langsung
Sistem loop
tertutup, ineraktif dan pengiriman pesan yang bertujuan untuk mengubah tingkah
laku konsumen. Sistem penjualan langsung tersebut digunakan untuk menciptakan
respon konsumen secara langsung.
3. Penjualan
Pribadi
Bentuk penjualan
yang dilakukan dengan cara tatap muka. Seorang pemasar akan menawarkan
produknya sebagai solusi atas permasalahan yang sering dialami konsumen. Didalam
penjualan pribadi, terdapat jalinan komunikasi (dua arah) antara pembeli dan
penjual.
Penjualan secara tidak langsung :
1. Iklan
Media Massa
Komunikasi yang
tidak personal, searah, dan pesan yang direncankan dengan dukungan dari pesan
sponsor. Hal ini didesian untuk memperluas dukungan khalayak dengan
mempengaruhi sikap dan tingkah lakunya.
2. Humas
Pemasaran
Salah satu
fungsi dari humas yang menggunakan media tidak berbayar untuk mengirimkan pesan
positif atas suatu merek dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen dan
meningkatkan omset penjualan
3. Pemasaran
Interaktif
Penggunaan medua
internet atau teknologi digital yang lain untuk mencapai tujuan marketing dan
mendukung konsep pemasaran baru atau modern. Pemasaran jenis ini menggunakan
media digital yang lain, termasuk kabel dan satelit bersama dengan perangkat
lunak atau perangkat keras yang dioperasikan. Terdapat tiga dimensi utama dari
pemasaran interaktif yakni pemberian nilai transaksi, informasi dan interaksi.
Fasilitas yang
dipergunakan :
1.
Laptop + LCD
Untuk menampilkan gambar atau tayangan slide tentang
produk dan jasa yang dipromosikan, supaya konsumen dapat mengetahui secara
langsung dan jelas.
2.
Lembaran Brosur
Berperan dalam memperkenalkan produk dan harga akan
barang yang dipasarkan melalui selembaran kertas. Jadi konsumen bila ingin
bertemu dengan seller untuk memesan barang dapat melihat brosur dan mengunjungi
alamat yang tertera pada brosur tersebut.
3.
Banner
Supaya konsumen dapat melihat produk apa saja yang terdapat
pada stad tersebut
Score: 85 its quite good!
BalasHapus